research
  • 10 Mar
  • 2023

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

Apa itu Coding?

Di era digital dan perkembangan teknologi yang pesat seperti sekarang ini. Profesi programmer atau developer perangkat lunak banyak menarik minat atau menjadi primadona sebagian orang. Perkembangan perangkat lunak atau aplikasi tidak terlepas dari para programmer yang mengembangkannya, dengan kata lain programmer lah yang meng coding aplikasi tersebut. Jadi apa itu coding? Dimana memulai belajar coding? Temukan jawabannya melalui uraian di bawah ini.

Teruntuk kamu yang berkeinginan terjun di dunia IT, coding wajib kamu pahami. Apalagi bagi kamu yang berkeinginan menjadi programmer atau developer, coding sangat wajib kamu kuasai. Saat ini sudah banyak orang yang mempelajari coding, walaupun bukan dari background yang memiliki pendidikan komputer atau informatika. Bukan tanpa alasan mereka belajar coding, mulai dari profesi yang melimpah dan banyak dibutuhkan sehingga dapat digunakan sebagai penunjang karir.

“Mereka yang malas belajar, hanya memiliki dua pilihan: tergantikan atau menjadi pengejar mimpi orang lain” (Jeni Karay)

Coding adalah salah satu tindakan dari langkah-langkah pemrograman dengan menuliskan kode atau skrip dalam bahasa pemrograman. Supaya skrip tersebut dapat dipahami oleh komputer, maka saat proses coding kamu harus mengikuti aturan sintaks yang berlaku. Aturan sintaks sangat tergantung dari bahasa pemrograman apa yang kamu gunakan saat menuliskan skrip.

Dengan kata lain coding merupakan kegiatan yang dimana kamu memberitahukan komputer apa yang harus dia kerjakan untuk kamu. Sebuah kode yang ada pada skrip bisa diibaratkan layaknya bahasa sehari-hari. Setiap kode yang kamu tulis akan membantu komputer untuk mengetahui dan memahami apa yang ingin kamu lakukan pada komputer. Komputer akan menerima perintah ini dan komputer akan melakukan operasi berdasarkan perintah yang kamu tuliskan.

Sempat disinggung sebelumnya, bahwa saat kamu menuliskan kode saat ngoding kamu harus memperhatikan aturan sintaks. Aturan sintaks ini sangat penting untuk kamu patuhi. Karena komputer merupakan mesin yang hanya mampu menerima kode atau perintah yang kamu masukkan. Apabila kamu tidak menuliskan kode sesuai dengan aturan sintaks dan ada kode yang salah kamu tulis, maka perintah yang kamu tulis tidak dapat dijalankan oleh komputer.

Apabila saat kamu membaca artikel ini menggunakan perangkat komputer, silahkan klik kanan pada jendela web browser kamu. Kemudian pilih “lihat sumber halaman”, maka akan tampil sebuah skrip dari sekumpulan kode. Skrip tersebutlah yang memberitahu komputer untuk menampilkan halaman web ini.

Bahasa Pemrograman

Untuk memulai ngoding atau belajar coding, langkah pertama adalah menentukan bahasa pemrograman yang akan dipakai. Tentukan bahasa pemrograman sesuai dengan tujuan dan apa yang akan kamu buat. Terdapat berbagai macam bahasa pemrograman, setiap bahasa pemrograman memiliki tujuan dan karakteristiknya masing-masing. 

Misalnya kamu akan memulai coding untuk membuat aplikasi android, maka kamu bisa menggunakan bahasa pemrograman Java ataupun Kotlin. Sedangkan jika kamu akan memulai coding untuk membuat aplikasi web, maka kamu bisa menggunakan bahasa pemrograman PHP, Javascript, maupun bahasa pemrograman lainnya. 

Sebenarnya kamu bisa dengan leluasa memilih bahasa pemrograman yang akan digunakan. Berikut ini beberapa bahasa pemrograman populer yang bisa kamu gunakan untuk memulai coding.

  1. PHP
  2. Python
  3. Javascript
  4. Java
  5. C++
  6. C#
  7. C
  8. Ruby
  9. Swift
  10. R
  11. Go

Apa Itu Programmer?

Programmer adalah seseorang yang memiliki kemampuan atau skill menulis dan merancang kode program-program (syntax) komputer menggunakan bahasa-bahasa pemrograman komputer (Java, Php, Javascript dll).

Semua aplikasi atau OS (Operating System) yang kita gunakan setiap hari baik itu aplikasi mobile (Android/ iOS), website, dan desktop dibuat menggunakan bahasa pemrograman tertentu.